Kebijakan Menekan Produksi Sampah Plastik di Kota Jayapura

- Maret 30, 2019
 


" Bapak/Ibu bawa kantong? Kami tidak menyediakan kantong plastik".
Jika anda berbelanja di toko-toko terutama di supermarket di Kota Jayapura, kata-kata dari kasir ini akan akrab di telinga anda, sejak bulan Februari kemarin.

Yah...sekarang ini toko-toko sudah tidak menyediakan kantong plastik untuk menyimpan barang belanjaan.  Awalnya hanya di supermarket yang memberlakukan kebijakan ini.  Lambat laun toko-toko klontong pun memberlakukan hal demikian.

Yup...ini adalah salah satu kebijakan Pemerintah Kota Jayapura untuk menekan jumlah sampah plastik.   Toko-toko dilarang meneyediakan kantong plastik.  Jadi pembeli sendiri yang harus menyediakan.  Awal-awal kebijakan ini diberlakukan, beberapa pembeli terlihat kurang berkenang, bahkan ada yang ngomel-ngomel karena mereka ngak membawa kantong penyimpanan belanjaan dari rumah.  Tetapi lama-lama masyarakat sudah mulai menerima.  Itu artinya kebijakan ini berhasil.  Beberapa kali saya menjumpai ibu-ibu membawa tempat penyimpanan barang sendiri dari rumah, seperti keranjang dan lain-lain. Masyarakat sudah bisa menyesuaikan diri dengan program ini.

Harapan saya, semoga kebijakan ini bisa berkelanjutan untuk menekan jumlah sampah plastik di Kota Jayapura


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search