Header Ads

Kupang Juga Ada di Papua


Mendengar kata “Kupang” pikiran kita biasanya terarah ke Nusa Tenggara Timur. Yah...Kupang, salah satu ibukota provinsi di Indonesia Bagian Timur. Namun ternyata Kupang juga ada di Papua.   Bedanya kalau di NTT Kupang adalah nama ibukota sementara di Papua,  Kupang adalah akronim dari Kursi Panjang. Sepanjang apakah kursinya? akan saya jelaskan di sini.

Kupang adalah salah satu tempat nongkrong di pinggir pantai di Jayapura yang lokasinya tepat berada di depan Kantor Gubernur Papua.  Asal usul nama kupang konon katanya gara-gara tempat duduk di pinggiran pantai tersebut dibangun bertingkat menyerupai tangga atau seperti tempat duduk di stadion sepak bola.  Karena bangunannya memanjang mengikuti garis pantai maka disebutlah kursi panjang

Kupang alias Kursi Panjang Jayapura

Tiap sore, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga Kota Jayapura maupun orang dari luar yang sedang pelesiran.  Sebagian besar pengunjung hanya duduk santai menikmati penganan yang dijajakan pedagang keliling sembari menikmati pemandangan laut dan pesisir Kota Jayapura.  Pemandangan lautnya cukup menarik karena kita bisa menyaksikan pemandangan teluk dan kapal-kapal kontainer mengantri bongkar muat di Pelabuhan Jayapura.  Di hari-hari tertentu kita juga bisa melihat kapal penumpang bersandar di pelabuhan.  Kapal-kapal tersebut seperti Doloronda, Dabonsoro, Gunung Dempo, dll  adalah milik PT. Pelni yang lebih familiar disebut kapal putih oleh warga setempat. Sore hari kita juga bisa menyaksikan bocah bocah menghabiskan waktunya berenang karena lautnya lumayan bersih.  Sementara di malam hari, tempat ini bukannya sepi tetapi malah makin ramai oleh anak muda yang nongkrong di sepanjang kursi panjang. 

Pantai dengan Air Relatif Bersih dan Tenang di Kupang, Jayapura Menjadi Magnet untuk Berenang
Hal yang menarik lagi adalah untuk menikmati semua itu, ngak perlu merogoh kocek kedalam saku karena semuanya free alias Gratis.  Sampai biaya parkir pun gratis. Hebatnya lagi, meskipun sebagian orang menganggap Papua masih tertinggal dibanding provinsi lain di Indonesia, tetapi disini ngak ada pengemis dan pengamen.  Nah…klo sobat lagi pelesir ke Jayapura dan mau wisata gratis, tempat ini sangat recommended untuk dikunjungi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.