Healing Forest, Alternatif Wisata Baru Ditawarkan Taman Nasional Aketajawe Lolobata di Era New Normal

- Juni 11, 2020
Forester.id Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata menawarkan healing forest sebagai alternatif wisata di era new normal khususnya bagi masyarakat Maluku Utara dan sekitarnya.  Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Tutut Heri Wibowo, S.Hut.,M.Eng saat menjadi narasumber pada webinar memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan tema "Menjaga Lingkungan Hidup Maluku Utara di Masa Covid 19 dan Menuju New Normal", Kamis (11/06/2020) yang diselenggarakan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Dalam pemaparannya, Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata menjelaskan bahwa healing forest atau terapi hutan merupakan wisata yang saat ini mulai populer di dunia karena terbukti secara ilmiah mampu memulihkan stres, baik fisik dan mental. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian Matther P. White yang dipublikasikan dalam Scientific Report volume 9 edisi 12 Juni 2019. Dalam publikasi tersebut disampaikan bahwa tegakan pohon, ekosistem hutan, dan alam terbuka bisa memulihkan kesehatan fisik dan mental.  Temuan  tersebut didapatkan setelah menganalis kondisi fisik dan kejiwaan hampir 20.000 responden di Inggris setelah berjalan di alam terbuka, di taman, atau pantai selama 120 menit hingga 300 menit.
Spot Healing Forest TN Aketajawe Lolobata (Sumber : TN-AL) 
Beberapa spot yang dipersiapkan sebagai lokasi wisata healing forest antara lain Air Terjun Havo, Sungai Tayawi, beberapa lokasi bird watching, dan camping ground di Resort Tayawi, Jembatan Gantung di Suaka Burung Paruh Bengkok, lokasi habitat pohon-pohon berdiameter besar dan gua-gua yang berada dalam Taman Nasional  Aketajawe Lolobata. Untuk memitigasi dampak Covid19, pelaksanaannya akan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah seperti membatasi jumlah pengunjung, penggunaan hand sanitizer dan pengukuran suhu tubuh baik pengunjung maupun petugas, penyemprotan disinfektan, dll (TM).





EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search