Balai Besar KSDA Papua dan PT. PLN (Persero) Bersama Masyarakat Menanam Pohon di CA. Pegunungan Cycloop

- Juni 26, 2020
Forester.id Balai Besar KSDA Papua dan PT. PLN (Persero) UIP Papua bersama masyarakat setempat, Jumat (26/06/2020) melaksanakan penanaman pohon di Cagar Alam (CA) Pegunungan Cycloop, Papua. Kegiatan yang bertempat di wilayah administrasi Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura merupakan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama antara Balai Besar KSDA Papua dengan PT. PLN (Persero) pada tahun 2019 tentang Pembangunan Strategis yang Tidak Dapat Dielakkan Berupa Pembangunan Jaringan Transmisi SUTT 150 KV GI Jayapura/Skyland - GI Angkasa Melintasi Cagar Alam Pegunungan Cycloop, Papua. Dalam perjanjian tersebut pihak PT. PLN (Persero) berkomitmen untuk  terlibat dalam usaha-usaha pelestarian CA. Pegunungan Cycloop.
Penyampaian Sambutan Sebelum Penanaman
Kegiatan yang merupakan rangkaian program pemulihan ekosistem CA. Pegunungan Cycloop dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Yan Yap L. Ormuseray. Dalam sambutannya, beliau menghimbau masyarakat setempat agar tidak menebang pohon sembarangan dan menjaga serta merawat pohon yang ditanam hari ini. Sebab nantinya yang merasakan manfaat ketika pohon ini tumbuh adalah masyarakat sendiri.

Sementara itu, menurut perwakilan PT. PLN (Persero) UIP Papua, pembangunan jaringan transmisi SUTT 150 KV GI Jayapura/Skyland - GI Angkasa melintasi CA. Pegunungan Cycloop Papua termasuk pembangunan yang tak dapat dielakkan karena secara teknis tidak ada pilihan lain kecuali melintasi CA. Pegunungan Cycloop.  Lebih lanjut dijelaskan bahwa tujuan proyek pembangunan ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan listrik di wilayah Angkasa dan sekitarnya yang selama ini masih perlu ditingkatkan. 
Penanaman Pohon di CA. Pegunungan Cycloop
Terkait pelibatan masyarakat dalam kegiatan ini, Kepala Balai Besar KSDA Papua Edward Sembiring dalam sambutannya menyatakan bahwa peran masyarakat dalam pembangunan kehutanan saat ini bukan lagi sebagai obyek tetapi subyek atau pelaku.  Sehingga bagi kami, masyarakat adalah bagian dari keluarga besar (extended family). Untuk itu dalam kegiatan penanaman kali ini, masyarakat setempat dilibatkan penuh.  

Dalam siaran pers yang diterima dari Balai Besar KSDA Papua dijelaskan bahwa jumlah masyarakat yang terlibat sebanyak 96 orang yang berhasil menanam bibit sebanyak 10.500 batang pada areal 10 hektar.  Jenis  bibit pohon yang ditanam antara lain Merbau (Intsia bijuga), Matoa (Pometia pinnata), Bintangur (Callophyllum inophyllum), dan Cemara (Casuarina junguhniana) yang kesemuanya merupakan jenis asli CA. Pegunungan Cycloop.  Pelibatan masyarakat dalam kegiatan ini dinilai sangat tepat karena dapat membantu ekonomi masyarakat terdampak COVID-19. 

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri beberapa pihak yang diundang.  Selain dari Balai Besar KSDA Papua, PT. PLN (Persero) UIP Papua, dan masyarakat setempat, pihak yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura, Balai Pengelolaan DAS-HL Mamberamo, Pemerintah setempat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta Saka Wanabakti Provinsi Papua.




EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search